Saturday, 21 December 2013

PILKADES DI KECAMATAN DUKUHSETI


Bertugas di kecamatan selama satu tahun ini, aku menemukan banyak hal berbeda dari tugasku sebelumnya di Bappeda. Ada banyak hal baru yang menurutku sungguh-sungguh sangat menarik. Yang menarik perhatianku kali ini adalah Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Beberapa hari kemarin, aku melihat kesibukan yang melebihi biasanya oleh Kasi Tata Pemerintahan (Tapem) Kecamatan. Ya, karena pada bulan desember ini ada enam desa dari dua belas desa di Kecamatan Dukuhseti yang melaksanakan Pilkades. Mulai tahap persiapan saja, sudah membuat sibuk Bapak Kasi Tapem. Melakukan pendampingan pembentukan panitia Pilkades di desa, memonitor pemilihan Pj. Kades, sampai melakukan koordinasi dengan Muspika dan Muspida.

Seperti pemilihan pemimpin lainnya, untuk Kades yang mencalonkan diri lagi, tentu harus mengundurkan diri dahulu dari jabatannya. Karena itulah diperlukan Pj. Kades. Pj. Kades boleh dipilih dari PNS Kecamatan, perangkat desa atau tokoh masyarakat yang dipandang mampu. Usulan Pj. Kades ini berdasarkan rapat pleno Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang kemudian dimintakan persetujuan Bupati melalui Surat Keputusan Bupati.

Kondusifitas pelaksanaan Pilkades tentu sangat diharapkan. Termasuk kondusif sebelum dan sesudah pelaksanaan Pilkades. Karena itulah diperlukan koordinasi yang baik dengan Muspika dan Muspida. Muspika adalah Musyawarah Pimpinan Kecamatan yang anggotanya antara Camat, Kapolsek, Danramil, dan lain-lain. Sedangkan Muspida adalah Musyawarah Pimpinan Daerah yang anggotanya antara lain Bupati, Kapolres, Komandan Korem, dan lain-lain. 

Sebenarnya kades di enam desa yang mengadakan Pilkades di bulan desember ini, habis masa jabatannya di tahun 2014. Tetapi karena tahun 2014 bersamaan dengan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres), maka berdasarkan Surat Edaran Mendagri, pilkades tidak boleh diadakan di tahun 2014. Tetapi, Pilkades boleh diajukan tahun 2013 atau mundur tahun 2015.

Enam desa yang melaksanakan Pilkades di Tahun 2013 adalah Desa Ngagel, Grogolan, Puncel, Kembang, Dukuhseti dan Banyutowo. Untuk Desa Ngagel dan Grogolan melaksanakan pilkades pada hari Rabu, 18 Desember 2013. Sedangkan Desa Puncel, Kembang, Dukuhseti dan Banyutowo melaksanakannya pada hari Kamis 19 Desember 2013.

Desa-desa tersebut telah melaksanakan Pilkades dengan baik. Menang kalah dalam pemilihan pemimpin sudah biasa. Ada wajah-wajah baru di tiga desa, yaitu Desa Ngagel, Grogolan dan Puncel, dimana pemenang Pilkades bukan Kades incumbent.  Sedangkan Desa Banyutowo, Dukuhseti dan Kembang, Pilkades dimenangkan oleh Kades incumbent. Selamat saja untuk kades yang telah terpilih, semoga bisa menjadi pemimpin yang amanah.

**NB: Menyesal karena aku tidak sempat mengambil foto saat Pilkades. Aaaargh..........

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...