Monday, 1 June 2015

MIMPI-MIMPIKU


Credit
Selama ini, aku termasuk orang yang menjalani hidup seperti air mengalir. Ikuti arusnya dan tidak terlalu banyak berpikir atau merancang masa depan dengan detail. Tetapi, seiring berjalannya waktu, aku sadar bahwa...

"Kenyataan hari ini adalah mimpi hari kemarin, dan impian hari ini adalah kenyataan di hari esok"
(Hasan Al-Banna)
  
Dan dengan menuliskannya, semoga ini juga menjadi do'a, agar mimpi yang terpendam bisa segera menjadi kenyataan. Aamiin. Inilah mimpi-mimpiku itu...

Pertama: Mendaftar Haji bersama Suami
"Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik la syarikalaka labbaik..." 
Tiap kali mendengar kalimat talbiyah, rasanya ingin segera berangkat ke Mekah saja. Semoga tabungan kami segera mencukupi untuk mendaftar haji. Meski antrian untuk keberangkatan haji sangat panjang, hingga berpuluh tahun, aku meyakini bahwa haji adalah tentang panggilan Allah. Apa yang terlihat tidak mungkin, sangat mungkin bagi Allah. Jika Dia berkehendak, cukup "Kun fa yakun", maka semua bisa saja terjadi.

Sudah banyak orang yang secara akal terbatas manusia tak mungkin bisa berangkat haji, tetapi ternyata mereka bisa berhaji. Misalnya tukang becak, tukang sampah dan profesi lain yang terlihat 'remeh', tapi ternyata Allah memuliakan mereka dengan memanggil mereka menjadi tamu-Nya. Dan mungkin saja keajaiban itu terjadi pada kami, mendapat panggilan Allah untuk bertamu di Rumah-Nya tanpa ngantri bertahun-tahun. #ngarep. Aamiin.

Kedua: Menulis Novel Fantasy
Tahun ini menjadi titik balik semangatku dalam menulis. Setelah bergabung dengan komunitas menulis yang keren-keren, alhamdulillah aku jadi ketiban semangat dari teman-teman. Tak apa terlambat daripada tidak pernah mencoba meraih mimpi sama sekali kan?

Menulis novel adalah mimpi dari bertahun yang lalu, sejak akhir masa kuliahku. Dan semoga menulis dan bisa menerbitkan novel fantasy juga bisa segera terwujud. Aamiin lagi...

Ketiga: Punya Usaha yang Bisa Memberdayakan Orang-Orang Sekitar.
Selama ini kalau ada hajatan di rumah (misalnya tahlilan, aqiqahan, pengajian), aku jarang sekali pesan. Karena banyak tetangga yang pintar memasak, aku lebih suka memakai jasa mereka untuk memasak. Dan ini sudah berlangsung sejak ibuku dulu. Jadi, berharapnya suatu saat aku bisa punya usaha catering dengan memanfaatkan keahlian mereka.

Atau jualan batik dan tas dari hasil pelatihan PNPM-MPd di kecamatan tempatku bekerja (pernah cerita disini). Ada beberapa desa yang hasil pembuatan batik dan tasnya keren. Bahkan sampai pernah mendapat pesanan batik dalam partai besar.

Ya Allah kabulkanlah. Aamiin...

Keempat: Silaturahim kepada teman-teman ibu
Saat ini sudah tahun keempat kepergian ibu. Selama hidupnya, beliau mempunyai banyak teman. Mungkin ini adalah buah dari kepiawaian ibu dalam berorganisasi. Dulu, rumah kami selalu ramai dengan teman-teman ibu yang datang berkunjung. Kini, setelah ibu tiada, ingin sekali menyambung tali silaturahim dengan teman-teman ibu dahulu. Ingin mengenang perjuangan ibu dan teman-teman dalam berdakwah lewat organisasi. Mungkin juga menuliskan cerita-cerita itu.

Kelima: Berkelana Bersama Keluarga.
Saat ini kesibukanku dan suami yang sama-sama bekerja, serta anak-anak yang masih kecil belum memungkinkan bepergian jauh bersama-sama. Tapi suatu saat ingin sekali pergi bersama suami dan anak-anak silaturahmi ke rumah keluarga yang jauh atau ke rumah teman akrab di masa lalu, mungkin juga mengunjungi tempat-tempat terkenal di berbagai daerah.

Sepertinya bakalan seru bersama anak-anak memahami ayat-ayat kauniyah-Nya ketika berada di hamparan alam yang indah. Atau belajar budaya lain dengan orang daerahnya langsung. Juga mengeratkan tali persaudaraan dengan saudara dan teman yang sudah jarang bertemu. Dan mungkin kami akan sekedar bercanda di perjalanan? #sambil membayangkan. Tunggu anak-anak agak besar ya... :)

Banyak juga mimpi lain yang ingin dicapai. Tapi kelima mimpi itulah yang ingin aku capai dalam waktu dekat. Semoga Allah meridhoi. Aamiin.

2 comments:

  1. Semoga mimpi-mimpinya tercapai, Mbak. Aamiin.... :-)

    ReplyDelete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...