Saturday, 4 July 2015

TIPS AMAN DAN NYAMAN BERKENDARA (MOTOR)

Aku punya pengalaman nglajo selama 7 tahun. Nglajo adalah istilah dalam bahasa jawa yang artinya kurang lebih perjalanan rutin tiap hari ke tempat kerja dengan jarak yang cukup jauh. Lumayan lah dulu tiap hari menempuh jarak sekitar 28 km atau sekitar satu jam perjalanan naik motor. Jadilah aku pengendara rutin sepeda motor.

Sebenarnya, bisa juga aku naik kendaraan umum. Tetapi waktu yang dibutuhkan menuju tempat kerja lebih lama. Selain karena kendaraan umum yang sering menaik turunkan penumpang, aku juga harus berganti moda kendaraan dua kali. Pertama naik bis dari depan rumah, lalu aku masih harus naik angkudes untuk mencapai kantor. 

Dan untuk angkudes ini, aku sering tidak sabar menunggu si angkudes berangkat. Aku sudah duduk didalamnya setengah jam, Pak Sopir tidak berangkat juga. Alasannya menunggu penuh dulu. Maklum juga sih, karena kalau hanya mengangkut sedikit orang, pasti akan rugi di BBM. Tapi, aku sungguh tak bisa menunggu. Karena kalau sudah terlalu lama menunggu angkudes penuh, wah... alamat aku tak bisa ikut apel pagi di kantor. Apel pagi dilaksanakan jam 07.15 WIB. So... aku harus bergegas dong, baru bisa disebut pegawai yang baik. :D

Begitulah. Karena alasan diatas aku lebih nyaman naik sepeda motor untuk berangkat ke kantor. Pokoknya motor selalu is the best bagiku. Bahkan saat hamil sekalipun, aku tetap nglajo menggunakan motor.

Nah, ini tips ala aku, agar kita tetap aman dan nyaman naik motor selama satu jam penuh. :)

1. Memakai slayer, sarung tangan dan helm standar.
Slayer atau kain penutup hidung dan mulut, bagiku adalah wajib. Ia bisa melindungi kita dari asap kendaraan yang makin lama tidak ramah lingkungan. Sedangkan sarung tangan akan melindungi tangan dari matahari. Kadang kalau pas malas pakai sarung tangan, langsung kelihatan belang di tanganku. Kulit pada punggung tangan akan lebih hitam daripada bagian lengan. Bagi pemerhati penampilan, tentu ini mengurangi penampilan. Karena itu, jangan pernah lupa sarung tangan. :D
Kalau helm standar, ya pasti wajib lah. Selain memang ada aturannya, pemakaian helm standar akan lebih melindungi kita ketika ada benturan di kepala.

2. Memakai jaket.
Berkendara jarak jauh tanpa jaket? Kasihan paru-paru. Bagi pengendara motor rutin sepertiku, penyakit yang sering datang adalah batuk. Dan jaket bisa membantu mengurangi kehadiran si batuk. Beberapa teman bahkan masih menambahkan penutup dada (ada yang menyebutnya otto) di dalam jaket. Ada juga yang cukup menaruh stopmap di dada sebagai pengganti penutup dada. Yang penting fungsinya sama. :D
Perlengkapanku

3. Jangan lupa selalu taruh jas hujan di jok motor.
Yang ini penting banget. Kita tidak tahu kapan hujan turun. Lebih baik sedia jas hujan sebelum hujan kan? Selama 7 tahun itu, aku sering mendapati hujan di tengah-tengah perjalanan. Waktu berangkat terang benderang, sampai setengah perjalanan hujan turun dengan derasnya. Kalau harus berteduh dulu, telat masuk kantor dong...
Jas hujan model rok andalanku

4. Jangan pernah lupa surat-surat kendaraan.
Standar sih... STNK dan SIM harus selalu di dompet. Dan dompetnya jangan lupa dibawa. :P Pengalamanku, pada waktu-waktu tertentu Pak Polisi biasanya melakukan razia kepada pengendara sepeda motor. Jangan sampai kena tilang ya...

5. Service motor secara rutin.
Yang ini jangan lupa, biar motor tidak macet di tengah jalan. Oli kalau sudah waktunya ganti, harus segera diganti. Begitu juga ban motor. Kalau ban motor sudah sampai halus, akan lebih licin di jalan raya.

6. Patuhi aturan dan rambu-rambu lalu-lintas.
Ini lebih demi keselamatan kita sendiri, kok. Jadi, tetap patuhi aturan ya... Selain itu, harus berhati-hati di jalan. Dalam perjalananku, kebetulan banyak dilewati truk dan bis. Jadi, ketika akan mendahului kendaraan di depanku, harus ekstra hati-hati. Jangan sampai karena buru-buru sampai di tempat kerja, kita mengabaikan keselamatan diri.

7. Terakhir, tapi penting: Berdo'a.
Jangan lupa do'a naik kendaraan ya... 
Artinya: "Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

Siap berangkat
Itu Tips Berkendara Aman dan Nyaman ala aku. Bagaimana tips ala kamu? Bisa ditambahkan lho... :)

6 comments:

  1. 28 km perjalanan mba? lumayan jauh ya perjalanannya..
    Semoga selalu selamat di perjalanan ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak... Tapi sekarang sudah pindah dinas di tempat yang lebih dekat. Tapi pengalaman 7 th itu, luar biasa Mbak... :)

      Delete
  2. Subhanallah. Ibu-ibu kayak mbak gini deh yang kudu dicontoh :)
    Demi keamanan tata tertib harus ditaati. Semoga selalu selamat ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Kalo aku urusan servis menyervis ku serahkan semua sama ayah hehehe. Syukron tipsnya ummu, bermanfaat sekali buatku yang lebih sering ke mana2 sendirian naik motor:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg gitu mb, abinya anak2 yg service. Tp dulu waktu blm menikah, ttp service sendiri. :)

      Delete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...