Wednesday, 25 November 2015

3 LANGKAH MUDAH MEMBUAT BLOG DENGAN BLOGSPOT UNTUK PEMULA

Teman saya suka menulis dan sangat bisa membuat tulisan yang bagus. Selama ini teman saya itu 'hanya' membuat tulisan di facebook, yang jika sudah ada tulisan baru, tulisan lama akan tertumpuk dengan yang baru. Tulisan 3 bulan lalu saja sudah susah carinya. Beda dengan blog, dimana tulisan kita bisa terarsip rapi di blog yang kita buat.

Jadi, terinspirasi hal itu, saya membuat tulisan sederhana ini. Dan... tulisan ini memang hanya untuk orang yang sama sekali belum pernah membuat blog dengan blogspot. Benar-benar untuk pemula.

Nah, apa saja yang harus dilakukan untuk membuat sebuah blog? 

1. Membuat akun email di gmail.

Pertama, kamu harus punya akun gmail. Kalau belum punya, kamu bisa masuk ke www.gmail.com. Lalu pilih "Akun baru". Mulailah mengisi form seperti dibawah ini:


Diisi lengkap ya...

2. Masuk ke www.blogger.com

Setelah kamu punya akun di gmail, kamu bisa langsung membuat blog pertamamu, dengan masuk ke www.blogger.com. Isi alamat gmail-mu tadi, dan juga passwordnya.

Kalau kamu mengisi dengan benar, akan ada tampilan seperti ini:


Pilih "lanjutkan ke blogger", dan akan ada tampilan seperti ini:


Isi "Judul" dengan sebuah nama yang kamu inginkan jadi judul blogmu. Kalau punya saya ini, judulnya adalah "Catatan Ummi".

Isi alamat untuk blogmu. Kadang nama yang kamu tulis tidak langsung disetujui, bisa jadi sudah ada yang menggunakannya. Jadi, isi alamatmu sampai nama alamat yang kamu tulis tersedia di blogspot ya... Kalau alamat saya, di www.umminadliroh.blogspot.com.

Lalu pilihlah tampilan yang kamu inginkan untuk blogmu. Coba-coba saja, nanti bisa diganti kok...

Kalau sudah, klik "Buat Blog". Nah, blog pertamamu sudah jadi. Tapi... blogmu masih kosong. Jadi, kamu perlu langkah selanjutnya.

3.Buat blogpost.

Langkah selanjutnya, buat tulisan pertamamu.
Kalau ketemu tampilan begini:

Lihat bagian warna orange yang tulisannya "Entri Baru". Klik disana dan akan muncul seperti ini:

Isi "Judul Pos" dengan judul postingan pertamamu. Lalu tulislah sebuah artikel di bawahnya. Kalau sudah selesai, klik "Publikasikan" (yang warna orange).

Sudah. Kamu akan punya blog di blogspot dengan sebuah blogpost. Selamat membuat blogpost-mu yang lain.

Mungkin seperti ini tampilan blogmu?




No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...