Friday, 5 February 2016

KEHILANGAN

Kehilangan itu ternyata bukan melulu tentang kesedihan, meski seringkali tetap ada keharuan.

Aku punya grup WA dimana anggotanya adalah teman-teman yang diamanahi tugas yang sama di bidang pemberdayaan masyarakat desa. Kami biasa berdiskusi, atau sekedar ngobrol ringan di grup itu. 

Dan hari ini ketika ada anggota grup itu yang mendapatkan amanah baru -bukan di bidang yang sama lagi- rasanya kok seperti kehilangan. Padahal mungkin kami masih akan bertemu. Tapi kok rasanya tetap ada yang hilang ya?

Tentu aku tetap ikut berbahagia ketika ada teman yang dimutasi di tempat yang lebih sesuai dengan kapasitas dan kapabilitasnya. Tetapi sebuah kebersamaan yang sudah terjalin, melalui diskusi, obrolan serta guyonan, atas nama kesamaan pekerjaan, mungkin tidak akan ada lagi. Diskusi dan obrolan kami mungkin akan berada pada bentuk yang berbeda.

Hm... Tetapi manusia memang harus berkembang. Tempat baru, berarti ilmu baru. Dengan ilmu baru, pasti akan membentuk karakter yang lebih baik, karena pengalaman akan membentuk sikap yang semakin matang. Dan kematangan sikap, pasti akan bermanfaat untuk menyongsong amanah baru nanti, yang barangkali akan lebih berat lagi.

quote-motivasi
Karena sejatinya setiap langkah kita adalah belajar. Maka pengalaman hari ini, akan berguna untuk ujian esok hari. 

Dan... Meski aku kehilangan teman -yang atas nama kesamaan pekerjaan-, semoga aku tidak kehilangan teman -dalam artian teman yang sebenarnya-.

10 comments:

  1. Perpisahan itu memang terasa berat. Apalagi jika sudah merasa klop. Memang kita harus merelakan teman untuk berkembang kearah lebih baik lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, Mas.
      Terima kasih kunjungannya. :)

      Delete
  2. Amin amin, semoga terkabul doanya, tetap menjadi teman yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  3. Gitu deh klo hati dan pemikiran sdh klik, rasanya gak mau berpisah, haru-biru.

    Silaturahmi dpt tetap tersambung, bisa jadi lbh berwarna, manfaatnya pun bertambah dg perubahan yg terjadi. Kehilangan di satu sisi, bertambah di sisi lainnya.

    Semangaaat lanjut diskusinya di grup ...

    Jadikan aku (tambahan) teman baik mbak ..

    ReplyDelete
  4. Aamiin, semoga kalian tetap bisa berteman walau jauh. :(

    ReplyDelete
  5. Tentunya terasa sedih ketika merasa kehilangan, yang terpenting mereka tetap ada dalam jiwa..

    ReplyDelete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...