Wednesday, 2 March 2016

KETIKA RASA MALAS DATANG

mengatasi-rasa-malas

Rasa malas seringkali datang tanpa diundang. Semangat yang menggunung kemarin tiba-tiba menghilang. Hari ini maunya diam saja, tidak ingin mengerjakan sesuatu. 

Macam-macam juga kenapa rasa malas itu mendadak datang. Bisa jadi karena halangan yang ada di depan mata. Bisa juga karena kita jenuh dengan aktifitas yang itu-itu saja. Atau... Kita butuh teman dalam perjuangan? Mungkin juga alasan yang lainnya. Yang pasti, rasa malas itu kadang menghampiri, sedang saat itu kita dikejar deadline.

Ketika sudah kelamaan malasnya, aku mulai berfikir, "Apa yang aku dapat dengan bersantai-santai seperti ini?" Aku sudah tertinggal jauh dengan teman-temanku. Ibaratnya saat ini aku baru sampai Semarang, sedang teman-temanku sudah sampai Jakarta (dari Pati, Jakarta lebih jauh ya... :D).

Jadi, akupun mencoba membuang rasa malas yang mendera. Kadang butuh waktu untuk memanaskan kembali semangat yang sudah mendingin. Tetapi tentunya aku juga tidak mau "nglokro" berlama-lama. Bisa makin ketinggalan nanti...

Ini beberapa hal yang aku lakukan untuk mengusir rasa malas yang kadang datang tak diundang:

1. Ingat Kembali Tujuan.

Mengingat kembali niat awal, seringkali bisa membuatku bangkit lagi. Mengingat bahwa aku punya tujuan yang harus dicapai. Aku telah melewati banyak hal untuk mencapai tujuan itu. Dan aku kuat hingga saat ini. Lalu, kenapa harus kehilangan semangat di tengah perjalanan?

Ingat juga apa yang akan kita dapatkan saat mencapai tujuan. Seperti ketika kita punya tujuan untuk mencapai sebuah puncak bukit. Kita ingin kesana karena di puncak itu kita akan bisa melihat panorama yang indah yang tak bisa dilihat dari tempat lain.

Begitupun setelah kita mencapai tujuan kita. Ada impian indah di tujuan itu. Semoga dengan mengingat yang indah itu, kita jadi semangat lagi.

2. Melakukan Hal Yang Menyenangkan

Mungkin kita jenuh dengan aktifitas kita? Sesekali ayo menyenangkan diri sendiri dan membuat diri kita bahagia. Kalau bahagia, kita bisa semangat lagi dong... :)

Facial mungkin? Makan-makan bersama teman? Cuci mata di mall? :D

Definisi melakukan hal menyenangkan itu, bisa berbeda tiap orang ya...

Hal sederhana juga bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan lho... Misalnya, aku kadang melewati jalan yang berbeda dengan yang biasa aku lewati. Kalau biasanya melewati jalan besar, sesekali aku melewati jalan kampung. Lebih jauh sedikit tidak masalah. Tetapi, pemandangan yang berbeda menurutku cukup efektif menghilangkan kejenuhan.

mengatasi-rasa-malas

3. Ngobrol Dengan Teman

Rasa malas itu datang, karena mungkin kita sedang bosan. Refreshing sejenak dengan ngobrol-ngobrol ringan, mungkin bisa membuang bosan. Siapa tahu dapat inspirasi dari obrolan itu. Biasanya kan dari obrolan ringan, malah tercetus ide-ide yang sebelumnya tak terpikirkan.

Tapi jangan keterusan ya... Biasa kan, kita perempuan kalau sudah ngobrol akhirnya berlanjut ngerumpi. Ghibah deh jadinya. Hihihi...

4. Lihat Orang Yang Telah Sukses

Dalam hal rasa syukur, kita harus melihat orang-orang dibawah kita. Agar kita tidak selalu gersulo, merasa diri paling tidak beruntung.

Tetapi untuk memotivasi diri, selayaknya kita melihat orang-orang yang ada di atas kita. Bisa dengan membaca kisah orang yang telah berhasil atau memperhatikan orang-orang di sekitar kita yang menginspirasi.

Orang-orang yang telah sukses, pastilah telah melewati banyak hal, suka duka, onak duri, halang rintang sebelum mereka mencapai kesuksesannya. Tentunya mereka mengawalinya dengan kerja keras. Jadi, kalau kita ingin berhasil juga, ya buang jauh-jauh rasa malas. Dan ayo kembali bekerja!

5. Berdoa
Salah satu do'a yang diajarkan Rasulullah SAW:
mengatasi-rasa-malas

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesedihan dan kesusahan, dan aku berlindung kepada-Mu dari rasa lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan bakhil, dan aku berlindung kepada-Mu dari beban hutang dan penindasan orang lain."

Rasa malas memang manusiawi, tetapi ada banyak tugas dan amanah yang harus kita kerjakan, dalam kapasitas kita masing-masing. Sebagai apapun kita, ayo menjadi profesional. Ayo bangkit, ayo semangat!!!


#selfreminder

4 comments:

  1. Aku serig banget ngalami ini, apalagi pas lelah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawaan dedek di perut mungkin, mb... :)

      Delete
  2. Luar biasa motivasinya mba. Aku sering begini nih, dan baru ngeh kalau doa almatsurat itu mengusir malas. hehehe. kadang-kadang suka bete... kadang-kadang semangat banget yah, hahahahah. Nah salah satu tipsku blog walking, itu juga bisa bikin mood naik lagi sambil nungguin suami pulang kerja, hehehehe.JAdi berasa gak sendirian yah mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah jalan-jalan kesini... :)

      Delete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...