Monday, 23 May 2016

REVIEW: OUTLIERS (RAHASIA DI BALIK SUKSES)


Deskripsi Buku
Judul : Outliers (Rahasia di Balik Sukses)
Penulis : Malcolm Gladwell
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Februari 2010 (Cetakan keempat)
Jumlah Halaman :339

Assalamu'alaikum, Sahabat...

Saya sedang ingin mereview buku yang saya pinjam dari Arpusda Pati, nih... Buku berat bagi saya, wong saya ini penikmat novel. Tapi saya sedang belajar "memaksakan" diri untuk membaca. Do'akan saya biar istiqomah membaca ya... Seperti wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad untuk "Iqro!" yang berarti, "Bacalah!". Semoga saya bisa.

Sebelum saya kebanyakan curhat, langsung review buku saja ah... :)

Apa itu Outlier? Dalam pendahuluan buku ini disebutkan, Out-li-er adalah: 1) sesuatu yang lokasinya jauh atau memiliki kelas yang berbeda dari bagian utama atau bagian lainnya; 2) sebuah pengamatan statistik yang memiliki nilai berbeda dari contoh yang lainnya. 

Dengan definisi diatas, kira-kira apa yang ingin disampaikan penulis dalam buku ini? 

Di awal buku, kita akan diberi gambaran tentang maksud dari outliers melalui sebuah kisah.

Dikisahkan tentang penelitian Stewart Wolf terhadap rahasia sehat dan umur panjang penduduk kota Roseto, Pennsylvania. Penduduk disana awalnya adalah imigran dari Roseto Valfortore, Italia. 

Beberapa hal yang diteliti oleh Stewart, seperti:
  • Apakah pola makan yang membuat mereka panjang umur? Ternyata bukan. Mereka makan seperti penduduk kota lainnya, bahkan cenderung suka makanan berlemak dan manis.
  • Apakah mereka suka olahraga? Ternyata tidak. Mereka juga cenderung perokok dan obesitas.
  • Genetika? Tidak. Saat diteliti imigran Roseto Valfortore yang ada di bagian lain Amerika yang merupakan garis keturunan yang sama, ternyata juga mempunyai masalah yang sama dengan penduduk Amerika lain dalam hal panjang umur.
  • Lokasi tempat tinggal? Tidak juga. Penelitian dilakukan kepada penduduk 2 kota lain yang tempat tinggalnya mempunyai tipikal yang mirip (seperti luas wilayah dan topografi), ternyata tingkat kematian mereka akibat serangan jantung 3 kali lipat dari penduduk Roseto.
Lalu apa dong, rahasia panjang umur penduduk Roseto? Setelah diamati, rahasianya ya ada di Roseto sendiri. Warga Roseto itu suka saling mengunjungi satu sama lain, berhenti dan mengobrol dengan tetangga, saling memasak untuk tetangga. Disana juga banyak rumah yang ditinggali oleh 3 generasi, dan mereka sangat hormat kepada yang lebih tua. Mereka juga rajin beribadah ke gereja. Sampai disini, saya kok malah teringat hadis Rasulullah tentang fadhilah silaturahim yang salah satunya bisa memanjangkan umur. :)

Jadi, seperti itulah inti outlier, berbeda dari sesuatu yang umum.

Dan memang dalam buku ini terdapat banyak kisah tentang adanya pola yang sama kenapa seseorang bisa sukses dan menjadi outlier dari orang kebanyakan. Kisah para pemain bisbol, Mozart, Bill Gates, The Beatles, dan banyak kisah outlier lain, saya yakin akan menginspirasi kalian. Buku ini lebih banyak menceritakan kejadian di lapangan. Bukan sesuatu yang teoritis. Jadi, kita akan tahu bagaimana proses seseorang sebelum menjadi orang sukses. Ada banyak hal yang melatarbelakangi kesuksesan seseorang.

Saya akan mengutip salah satu bagian yang paling menarik menurut saya, yaitu:  
"Pohon ek tertinggi di hutan menjadi yang tertinggi, bukan karena ia tumbuh dari biji pohon yang paling gigih. Ia menjadi pohon tertinggi karena tidak ada pepohonan lain yang menghalangi sinar sang surya, tanah di sekelilingnya dalam dan subur, tidak ada kelinci yang mengunyah kulit kayunya sewaktu masih kecil, dan tidak ada tukang kayu yang menebangnya sebelum ia tumbuh dewasa. Kita semua tahu bahwa orang yang sukses berasal dari bibit yang bagus. Tetapi apakah kita tahu cukup banyak tentang sinar matahari yang menghangatkan mereka, tanah yang menjadi tempat tinggal akar-akarnya dan para kelinci serta tukang kayu yang bisa mereka hindari?"
Jadi, intinya, kalau kita baca buku ini, kita akan tahu bahwa rahasia sukses seseorang itu bukan semata-mata karena bakat, tetapi juga latihan yang terus menerus, serta dukungan lingkungan di sekitarnya.

Uniknya, yang dibahas di buku ini, hal-hal seperti tanggal dan tahun lahir, ternyata bisa mempengaruhi sukses seseorang, lho. Bahkan bahasa sebuah daerah bisa memyebabkan seseorang lebih pintar di suatu bidang tertentu. Dan dijamin, jawabannya sangat bisa diterima logika. Penasaran? Baca gih... :D

10 comments:

  1. Sepertinya bisa dicoba nih mbak bukunya.

    ReplyDelete
  2. kereen mb...pngen ngikut ah...buat resensii ..hehe...

    ReplyDelete
  3. Arpusda Pati itu jauh sama masjid agungnya gak, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dekat, Pak. Arpusda Pati itu timur kabupaten. :)

      Delete
  4. Wah jadi kepo nih endingnya bagaimana, hehe kayak novel aja ya mbak. Tapi beneran saya jadi penasaran, bagaimana tanggal dan tahun lahir bisa memengaruhi sukses seseorang? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... Bukunya lebih banyak cerita nyata, Mbak. Jadi bacanya jg lebih ringan. Saya suka yg ringan2 soalnya.

      Kalau tanggal lahir dan tahun lahir itu mempengaruhi sukses karena kondisi tahun bersangkutan. Kalau dibaca lebih seru, Mbak. :D

      Delete
  5. Bukunua keren neh, harus punya

    ReplyDelete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...