Wednesday, 13 July 2016

AGAR ANAK SEMANGAT LAGI SETELAH LIBURAN SEKOLAH

Assalamu'alaikum, Sahabat...
Ayo, Sekolah...
Liburan sekolah kali ini benar-benar menjadi liburan panjang bagi anak-anak. Selain libur sekolah juga ada libur lebaran. Di tempat kami kebanyakan sekolah mulai masuk hari Senin, tanggal 18 Juli 2016 nanti.

Dan begitulah anak-anak kalau liburan. Ritme hidup mereka berubah. Kalau biasanya maksimal jam 9 malam sudah tidur, sekarang mereka bisa tidur di atas jam itu. Seperti anak saya yang kalau disuruh tidur selalu beralasan, "Besok kan libur, Bunda." Akibatnya paginya mereka bangun lebih siang.

Dan nanti ketika waktunya masuk sekolah, mereka harus menyesuaikan lagi dengan jadwal sebelum liburan. Nah, mengembalikan ritme selama liburan ke ritme sebelum liburan lagi, ini yang kadang sulit. Karena itulah hari pertama sekolah sering menjadi hari yang penuh drama bagi orang tua. :)

Kami juga pernah mengalami yang seperti itu. Pagi hari anak-anak susah dibangunkan. Disuruh mandi, inginnya main dulu. Disuruh sarapan, maunya nanti saja. Belum lagi ada anak yang rewel. Lalu tiba-tiba ada yang mogok sekolah. Pokoknya heboh, deh...

Tapi paling tidak sebagai orang tua, kita bisa meminimalkan kehebohan di pagi hari pertama masuk sekolah dengan menerapkan beberapa trik untuk membuat anak-anak bersemangat. 

Beberapa trik yang biasa saya gunakan adalah:

1. Informasikan hari masuk sekolah kepada anak jauh-jauh hari.
Biasanya beberapa hari sebelum masuk sekolah, saya sudah sampaikan ke anak-anak, bahwa sebentar lagi mereka sudah masuk sekolah. Jadi, anak-anak harus bangun pagi. Tidak boleh ada yang rewel kalau dibangunkan, harus semangat sekolah, begitu yang saya katakan pada anak-anak.

2. Malam hari sebelum masuk sekolah, anak-anak harus mulai tidur awal lagi.
Hal ini sebaiknya sudah dimulai sejak beberapa malam sebelum mereka masuk sekolah. Kalau dadakan, mereka yang terbiasa bangun siang, akan sangat susah dibangunkan. Kalau dari membangunkan mereka saja sudah penuh drama, seharian bisa-bisa mereka akan jadi rewel. Terutama untuk anak yang masih PAUD.

3. Jangan biarkan mereka tidur lagi setelah subuh.
Sejak puasa, sampai liburan, anak-anak jadi terbiasa tidur lagi setelah subuh. Kebiasaan ini harus dihilangkan lagi. Karena biasanya tidur setelah subuh itu membuat anak-anak jadi malas. 

Kalau Sahabat, bagaimana putra-putrinya? Biasanya tiap keluarga punya trik-trik tersendiri untuk menangani putra-putrinya kan?

Wassalamu'alaikum
Ummi

14 comments:

  1. kalau anak saya, udah ga sabar mau masuk sekolah lg, malah ibunya yg males hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren... Ibunya pasti keren jg, nih...

      Delete
  2. aduuuh iya nih perlu banget meningkatkan mood sekolah lagi. Dulu di awal liburan nanyanya kapan sekolah. sekarang udah mau masuk pengennya i rumah aja anak2 hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... Iya, anak2 begitu kalau kelamaan liburnya.

      Delete
  3. nah kalau aku anak2 lagi kecil gampang dibangunin untuk sekolah, nah saat remaja malah susah karena mereka suka tidur larut malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya harus siap2 menghadapi yang seperti itu juga ya, Bunda Tira.

      Delete
  4. Anakku tgl 15 sudah masuk krn yg satunya murid baru, satunya aktif di OSIS. Tapi nyuruh mereka tidur nggak kemaleman supaya bangun nggak kesiangan itu susah banget. Liburnya kelamaan kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... Kalau sudah remaja beda caranya mungkin ya? :D

      Delete
  5. sama Mbak... anak2 tidurnya masih malam nih. alasannya besok libur. Euleuh. Paling mereka suka ta kuprak kuprak bangun subuh buat sholat abis itu tidur lagi. haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah seorang ibu yg suka nguprak2 anak buat bangun... Sama ternyata. Hehe...

      Delete
  6. Hal tersebut juga terjadi pada adik saya nih mi jadi pada waktu libur adik saja tidur nya suka larut malam nah kemarin pas malem senin saya suruh dia tidur lebih awal tapi tidak mau dan mahal rewel. habis itu saya bilangin ke ayah saya. alhamdulilah kalau sama ayah mah langsung nurut, entah karena apa. mungkin karena takut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya... Mungkin takut sama ayah. :D

      Delete
  7. Kalau anak saya nggak begitu susah sih mbak karena sudah kelas 9, mungkin sudah tahu kewajibannya ya. Kalau anak masih kecil seusia PAUD memang susah ya, mereka harus dimotivasi terus supaya ketika masuk sekolah lagi bangunnya ngga kesiangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak PAUD ini yg masih susah, Mbak.

      Delete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...