Sunday, 17 July 2016

ANAK DAN GADGET

Assalamu'alaikum, Sahabat...
Pengertian gadget kurang lebih adalah perangkat elektronik yang mempunyai fungsi khusus dan dirancang dengan adanya pembaharuan dari teknologi yang telah ada sebelumnya.

Contohnya saja, komputer (teknologi lama) dan laptop (gadget) atau radio (teknologi lama) dan mp3 (gadget). Atau yang paling kekinian adalah smartphone yang menggantikan telepon rumah.

Harus diakui bahwa kehidupan masa kini seakan tak bisa dipisahkan dari gadget, utamanya smartphone atau ponsel pintar. Ya, seperti namanya ponsel ini memang benar-benar pintar. Selain bisa digunakan untuk menelpon, ia juga bisa untuk berselancar di internet, untuk mendengarkan lagu, bahkan mencari alamat. Intinya sebenarnya ada banyak manfaat dari smartphone ini. Apalagi bagi yang bisa memanfaatkan sebaik-baiknya.

Namun, bagaimana jika yang memegang smartphone ini anak-anak?

Anak-anak adalah makhluk yang cerdas. Sebentar saja mengutak-atik si smartphone, ia sudah menguasai banyak hal, lebih banyak dari kita, para orang tua ini. Masalahnya, kadang mereka juga makhluk yang suka penasaran. Ada apa sih di youtube? Apa sih enaknya main pokemon go? Yah... Yang semacam itulah. 

Sedang kita yang lebih lama hidup ini, tahu benar ada banyak masalah di internet dan game-game itu. Meskipun kita juga tahu ada banyak manfaat yang bisa diambil juga. Sedangkan anak kan rasa ingin tahunya sangat besar.

Jadi, bagaimana ya? Apakah sebaiknya anak-anak kita biarkan saja. Kan biar mereka tidak ketinggalan jaman. Atau kita larang, sama sekali tidak boleh menyentuh gadget. Biar mereka tidak terpengaruh hal buruk dari internet. Atau pertengahan saja? Tidak dilarang tetapi juga tidak dibiarkan begitu saja. Main gadget silahkan, tetapi harus dalam pengawasan.

Tentang hal ini rasanya para orang tua masih berbeda pandangan ya. Kalau saya dan suami sih memilih yang pertengahan saja. Karena mereka hidup di masa kini, dan saat ini paling tidak mereka tahu tentang gadget, meski ada batasan yang kami tetapkan.

Kalau kata Umar bin Khattab RA, "Didiklah anakmu, karena mereka akan hidup di zaman yang berbeda dengan zamanmu."

Jadi kami memilih mendidik mereka sesuai kebutuhan zaman mereka.

Tetapi setiap orang tua pasti punya pertimbangannya sendiri. Dan setiap keluarga pasti punya aturannya sendiri. Jadi, apapun pilihannya, semoga kita bijak untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita.

Wassalamu'alaikum
Ummi


12 comments:

  1. Saya mengizinkan anak memegang gadget sejak kecil, Bu. Ini masanya mereka. Bagaimana pun saya menyembunyikan, mereka akan tahu dari orang lain. Menurut saya begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, Mbak Susi. Saya juga begitu. Apalagi kerjaan saya juga membuat saya dekat dg gadget. Jadi mereka melihat saya pegang gadget, ya tetaplah mau pinjam... :)

      Delete
  2. Anak akan hidup di zaman yang berbeda dengan zaman kita, maka cara pengasuhan kita harus lebih terbuka. Tetapi budaya permisif cukup berbahaya, ya. Memilih di tengah-tengah memang lebih baik sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Allah memudahkan kami mengasuh anak2, begitu selalu do'a kami. Zaman sudah seperti ini...

      Delete
  3. Anak-anak yang pintar bermain gadget harus di awasi ya umi agar tidak terjerumus ke dalam hal yang tidak baik, maka dari itu sebagai orang tua harus lebih pintar daripada anak. bedanya dengan orang tua saya hanya lebih pintar anak nya di banding orang tua. namun saya sebagai kakak menggantikan peran serta orang tua dalam mengawasi adik saat bermain gadget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kakak yg keren...
      Kalau anak2 sy msh usia SD, jd saat ini kami org tuanya mmg lebih tahu drpada mereka. Tp beberapa tahun lg, mungkin kami kalah sama mereka. Semoga nantinya yg paling besar jg bisa membimbing adik2nya.

      Delete
  4. Iya mbak Ummi, jaman sekarang nggak mungkin anak tanpa pegang gadget. Kita sebagai orang tualah yang harus pintar-pintar memberikan arahan yang benar, meskipun sulit tapi kan tetap jadi tanggung jawab kita ya. Mungkin kuncinya kita harus dekat dengan anak supaya nggak ada yang dirahasiakan kepada kita termasuk ketika membuka gadget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak usia SMP mesti lebih ketat lagi ngawasinya ya, Mbak. :)

      Delete
  5. Hehe..iya Mbak...anak-anak lebih cepet nyerapnya yak...kdg lebih jago dari emaknya kalo urusan gadget

    ReplyDelete
  6. Saya bolehkan anak saya sesekali pegang gadget, yang penting memastikan konten yang dilihat anak benar-benar aman & ada manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang saya kurang teliti, Mbak. Misal main game, sebenarnya aman. Tp kalau sudah terlalu lama jadi tdk manfaat. :(

      Delete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...