Wednesday, 21 December 2016

RANDOM

Assalamu'alaikum,

Apa kabar, Sahabat? Sebulan lebih tidak nulis di blog rasanya kok ada yang hilang. Seperti sayur tanpa garam. Seperti malam tanpa bintang. Seperti aku tanpa kamu. #apasih.

Dunia nyata saya akhir-akhir ini memang membutuhkan perhatian. Yang bekerja di bidang pemerintahan pasti tahu bagaimana kegiatan seakan terfokus di akhir tahun. Banyak deadline yang harus diselesaikan. Karena yah... Sudah akhir tahun. Tahun Anggaran hampir berakhir dan semua target kegiatan harus tercapai.

Diantara target-target yang harus tercapai itu, saya cukup menikmati ketika mendampingi desa melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes). Yang tujuannya untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2017.
Musrenbangdes di Desa Bakalan, Kecamatan Dukuhseti
Perencanaan memang harus sudah dibuat saat ini. Agar nanti penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) juga bisa berjalan lancar. Kemudian program dan kegiatan di desapun ikut lancar. Sayapun ikut tenang dan ayem kalau kegiatan di desa-desa di wilayah kerja saya berjalan dengan baik.

Bersamaan dengan deadline, saya juga mengikuti beberapa berita yang cukup viral. Seperti tentang penistaan agama, dimana saya hanya bisa berdo'a:

 اللهم ارناالحق حقا وارزقناالتباعه وارناالباطل باطلا وارزقنااجتنابه
"Ya Allah tunjukkan kepada kami bahwa yang benar itu benar dan mampukan kami untuk mengikutinya. Dan tunjukkan bahwa yang bathil itu adalah bathil dan mampukan kami untuk menjauhinya."

Lalu juga beberapa waktu ini tentang duka yang datang dari tanah Syam, Aleppo. Ah... Perang selalu begitu bukan? Menyisakan keperihan, terutama untuk wanita dan anak-anak. Lagi-lagi hanya do'a yang bisa saya panjatkan, "Semoga mereka selalu diberi kekuatan. Semoga kedamaian segera kembali. Dan mereka yang didzalimi kembali kepada Robb-nya sebagai syahid."
Salah satu gambar tentang Aleppo yang beredar di sosmed
Seorang teman juga menggagas sebuah donasi untuk Aleppo dengan cara menjual barang-barang dagangan kita di satu "lapak" Facebook. Saya juga ikut berpartisipasi didalamnya. Semoga sedikit yang kami lakukan bisa bermanfaat untuk saudara-saudara kami. Baru ini yang kami bisa, Ya Allah...

Di sisi lain, ada juga "Om Telolet Om" yang sangat viral dua harian ini. Atau sebelumnya? Saya yang kudet mungkin, karena baru tahu. :D Selalu ada cara sederhana untuk bahagia bukan? Meski hanya dengan mendengar bunyi klakson bus yang lewat.

Entah apa inti tulisan ini. Random.

Kalau mau dipaksakan (haha, apa-apaan...), intinya adalah banyak hal terjadi di sekitar kita. Kita selalu punya pendapat pribadi dengan semua kejadian yang kita alami dan saksikan. Tetapi, tidak usahlah terlalu sibuk berdebat. Lebih baik energimu digunakan untuk melakukan hal yang bermanfaat, setidaknya untuk lingkunganmu.

Wassalamu'alaikum.
Ummi



No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...