Friday, 7 September 2018

BUKAN HAL YANG SULIT, 5 HAL INI BISA SAJA MEMANCARKAN AURA CANTIKMU

Assalamu'alaikum,
kecantikan-ala-Rsulullah

Menurutmu definisi cantik itu bagaimana, Sahabat? Biasanya cantik itu dinisbatkan kepada wanita yang elok dan rupawan wajahnya. Namun tampaknya tak setiap orang mempunyai pendapat yang sama tentang kecantikan seseorang. Seorang laki-laki bisa mengatakan Si A cantik, tetapi laki-laki lain mengatakan bahwa Si B lebih cantik. 

Bahkan standar kecantikan di beberapa negara juga berbeda-beda, lho. Di Tiongkok, cantik itu jika kamu berkulit pucat. Sedangkan di Jepang, gigi gingsul sangat diidolakan. Nah, kalau di Korea Selatan sangat menyukai wajah yang berbentuk hati dengan dagu yang lancip. Sepertinya standar kecantikan tersebut masih wajar-wajar saja, ya. 

Ada juga standar kecantikan yang sangat berbeda dengan yang dipahami kebanyakan orang. Seperti orang-orang di Mauritania yang mengatakan bahwa cantik itu gemuk. Di Burma, tepatnya Suku Kayan, wanita dianggap cantik jika lehernya semakin tinggi. Leher tinggi itu didapatkan dari cincin kuningan yang dipasang di leher mereka. Sedangkan Suku Mursi, Ethiopia, meyakini bahwa bibir bawah yang lebar dengan diberi piringan khusus akan menambah kecantikan seorang wanita. 

Jadi, sebenarnya cantik ini sangat relatif ya, Sahabat. 

Yang telah disebutkan di atas adalah standar-standar yang dibuat manusia. Kalau kata Rasulullah bagaimana ya?

Ada hadits yang berbunyi seperti ini: ”Sesungguhnya ALLAH tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian, tetapi ia melihat hati dan amal kalian.” (HR.Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah)

Jadi jangan khawatir, Sahabat. Jika kamu tak terbiasa mempercantik wajahmu dengan berbagai kosmetik, kamu tetap bisa memancarkan aura cantikmu, kok. Yaitu dengan mempercantik hati dan memperbaiki amalmu. 

1. Menjaga wudlu.

Abu Hurairah RA berkata: “Aku mendengar Rasululah Saw bersabda, “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Shalat tahajjud.

Sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

3. Tersenyum.

Dari Abu Dzar RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).
Dan tentu saja, dengan amal yang mudah ini, wajahmu akan terlihat berseri-seri. Pasti sangat berbeda kalau kamu suka cemberut kan?

4. Menghindari penyakit hati.

Penyakit hati seperti sombong, iri hati, suka marah, ujub, dan berbagai penyakit hati lainnya wajib kamu hindari. Karena kata Rasulullah dalam sebuah hadis: “Sesungguhnya di dalam jasad ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad tersebut. Jika ia buruk, maka buruk pula seluruh jasad itu. Ingatlah, bahwa ia adalah hati.” (HR. Bukhari).

5. Menutup aurat.
Perintah menutup aurat dijelaskan lewat firman Allah SWT dalam surat Al-Ahzab ayat 59 yang artinya: “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. al-Ahzab ayat: 59)”
Nah Sahabat, apakah kamu sudah melakukan amal-amal itu? Yuk, kita perbaiki hati dan amal kita, agar kita selalu "cantik" di hadapan Allah.
Wassalamu'alaikum
Ummi Nadliroh
~Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis bersama estrilook.com dan Estrilook Community day3~
#tantanganmenulisestrilook
#estrilookcommunity

8 comments:

  1. Cantik yang sesungguhnya itu memang dari dalam bukan dari luar :)

    ReplyDelete
  2. Untuk menjadi cantik ternyata semudah itu ya, gaperlu ke salon :D

    ReplyDelete
  3. Selain dapat pahala kita juga bisa cantik secara alami ya, subhanallah :)

    ReplyDelete
  4. Wah informasinya sangat bermanfaat sekali ya, saya jadi pengen cepet-cepet wudhu :D

    ReplyDelete
  5. Ingin selalu tampak cantik di hadapan allah :)

    ReplyDelete
  6. semoga dengan ini saya bisa lebih menjaga amalan-amalan saya saat ini :)

    ReplyDelete
  7. Mebaca ini membuat saya sadar bahwa cantik yang baik itu dari dalam diri kita bukan dari luar yang tampak saja :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...