Wednesday, 5 September 2018

BUKAN HANYA INSTAGRAMABLE, 4 WISATA DI VENICE VAN JAVA INI BISA BIKIN KAMU NAMBAH PENGETAHUAN, TERKENANG-KENANG, BAHKAN BISA SAMPAI MEMBUATMU SERASA DI ATAS AWAN

Assalamu'alaikum,

Wisata menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online adalah bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya); bertamasya. Memang pada dasarnya berwisata adalah kegiatan yang dilakukan bersama-sama ya, Sahabat. Entah itu untuk tujuan refreshing, mencari petualangan baru, religi, menambah ilmu pengetahuan, atau tujuan lainnya.

Tetapi saat ini kebutuhan berwisata sebenarnya bukan hanya sekedar bepergian untuk tujuan tertentu yang telah disebutkan tadi ya, Sahabat. Kebanyakan orang butuh membuat kenangan indah dalam setiap momen hidupnya. Jadi, dalam berwisata sekalipun Sahabat pasti tak lupa mengabadikan momen wisata dengan foto-foto yang menakjubkan. Biar bisa jadi kenangan yang akan membuat tersenyum ketika Sahabat membuka kembali foto itu.

Memahami kebutuhan tersebut, sekarang banyak sekali kita jumpai destinasi wisata yang menawarkan spot foto yang instagramable. Dan bagi Sahabat yang ada di sekitar Semarang, atau ada rencana mengunjungi kota yang punya julukan Venice van Java ini, beberapa destinasi wisata ini jangan sampai terlewatkan. Karena di sana Sahabat bisa berfoto dengan spot yang kece banget.

1. Candi Gedong Songo
Foto: instagram.com/sivinadiadea
Tempat wisata ini berada di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

Candi Gedong Songo merupakan Candi Hindu peninggalan Wangsa Syailendra pada abad ke-9 Masehi. Cukup tua ya, Sahabat. Sebelum bernama Candi Gedong Songo, candi ini sempat dinamai Candi Gedong Pitu, lho. Pitu dalam bahasa Jawa artinya tujuh. Karena pada saat ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1740 M, jumlah bangunan candinya memang berjumlah tujuh buah.

Kemudian pada tahun 1908 - 1911 M, arkeolog asal Belanda yang bernama Van Stein Callenfels melakukan penelitian di lokasi Candi Gedong Pitu. Dan ditemukanlah dua buah bangunan candi lagi, sehingga jumlahnya menjadi sembilan. Karena itulah kemudian, candi tersebut dinamai Candi Gedong Songo.

Berada di lereng Gunung Ungaran, udara di komplek Candi Gedong Songo ini cukup dingin, Sahabat. Tetapi udara yang dingin itu akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan dari satu candi ke candi lainnya. Ada perkebunan penduduk, kabut pegunungan, dan sumber air panas. Sumber air panas itu mengandung kadar belerang yang cukup tinggi, sehingga bisa mengobati berbagai jenis penyakit kulit. 

Jarak antar candi memang berjauhan, Sahabat. Namun jangan khawatir. Sahabat bisa menyewa kuda untuk berkeliling candi. Lumayan kan? Jadi tidak terlalu lelah jalannya. 

2. Ayana Gedong Songo
Foto: instagram.com/ayanaz.gedongsongo
Destinasi wisata ini terbilang baru ya, Sahabat. Baru dibuka pada 11 Juni 2018, tetapi antusiasme wisatawan sangat luar biasa. Tidak salah, sih. Karena Ayana ini memiliki 35 spot foto keren yang instagramable abis. 

Sebenarnya Ayana ini berada satu lokasi dengan Candi Gedong Songo. Karena itu Sahabat harus membayar tiket masuk ke candi terlebih dahulu, kemudian kembali membeli tiket untuk masuk ke Ayana. 

Nah, setelah masuk jangan lewatkan untuk foto-foto ya, Sahabat. Mau foto dengan naik balon udara, di dalam buble tent, atau bersama bantal-bantal lucu di dalam kurungan raksasa? Itu baru sebagian kecil spot, lho. Masih banyak spot foto lain yang super keren. Dengan angle yang pas, Sahabat pasti bisa mendapatkan foto yang tak terlupakan, lho.

3. Goa Kreo

Foto: instagram.com/irnetabella
Berada di Jl. Raya Goa Kreo, Kecamatan Gunungpanti, destinasi wisata ini hanya berjarak 13 km dari pusat kota Semarang. Uniknya goa ini tak seperti kebanyakan goa yang berada di tengah hutan atau kaki pegunungan, tetapi terletak di tengah waduk. 

Mitos yang melingkupi Goa Kreo ini, konon merupakan tempat bersemedi Sunan Kalijaga ketika memohon petunjuk cara membawa kayu jati besar yang akan digunakan membangun Masjid Demak. Kemudian ada juga kera-kera yang banyak terdapat di Goa Kreo. Konon mereka adalah keturunan kera yang membantu Sunan Kalijaga membawa kayu jati tersebut. 

Di luar mitos tersebut, perpaduan pemandangan antara pepohanan yang hijau, birunya langit, dan putihnya air, sangat layak Sahabat nikmati. Selain itu, sebuah air terjun yang tak pernah kering meski kemarau juga bisa Sahabat datangi. Dan tentu saja, jika Sahabat ingin merasakan sensasi berada negeri di atas awan, disinilah tempatnya.

4. Brown Canyon
Foto: instagram.com/seputarsemarang
Destinasi wisata ini sebenarnya bukan tempat wisara resmi ya, Sahabat. Tempat ini adalah area penambangan galian C yang sudah berlangsung selama lebih dari satu dekade. Akibat penambangan dalam jangka waktu panjang itulah, akhirnya terbentuk tebing yang mirip Grand Canyon di Amerika sana. 

Ketika mengunjungi tempat ini Sahabat harus tetap berhati-hati, karena proses penambangan masih berlangsung. Truk, debu, dan para penambang yang bekerja akan menjadi tantangan tersendiri untuk mencapai Brown Canyon ini. 

Namun setelah melewati tantangan, Sahabat layak mendapat hadiahnya dengan pemandangan yang memanjakan mata. Tentu saja jangan sampai lupa untuk foto-foto, ya.

Nah, gimana Sahabat? Di antara keempat destinasi wisata tersebut, mana yang paling ingin Sahabat kunjungi?

Wassalamu'alaikum
Ummi Nadliroh

~Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis bersama estrilook.com dan Estrilook Community day1~
#tantanganmenulisestrilook
#estrilookcommunity



6 comments:

  1. Aku penasaran sama Ayana Gedong Songo apalagi spot foto yang didalam buble tentnya :))

    ReplyDelete
  2. Cantik-cantik semua destinasi wisatanya,kalau ke Semarang gak boleh sampai ketinggalan mengunjunginya :))

    ReplyDelete
  3. Bisa jadi jujukan kalau ke Semarang :))

    ReplyDelete
  4. Ternyata kita juga punya Brown Canyon yang mirip sama Grand Canyon di Amerika ya :))

    ReplyDelete
  5. Aku malah penasaran banget sama Goa Kreo, tidak seperti goa-goa yang lain ya :)

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah mengunjungi semua tempat wisata yang ada diatas, jadi penasaran sama Brown Canyon :))

    ReplyDelete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...