Monday, 10 September 2018

IBU BEKERJA WAJIB MANFAATKAN 5 WAKTU INI, AGAR TETAP DEKAT DENGAN BUAH HATI

Assalamu'alaikum,

Seorang ibu bekerja memang harus pandai mengatur waktunya dengan baik ya, Sahabat. Waktu yang dimiliki untuk menjaga kedekatan dengan buah hati, tentu berbeda dengan ibu rumah tangga. Di saat ibu yang di rumah bisa mengajak buah hatinya bermain-main, kamu sibuk bekerja di kantor. Ketika ibu yang di rumah bisa mengajari alfabet kepada buah hatinya, kamu sedang memberi pelayanan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuanmu. Meski begitu, jangan pernah berkecil hati ya, Sahabat. Karena kamu telah menata niat ketika memutuskan menjadi ibu bekerja. Jadi, ayo tetap menjadi ibu yang pintar memanfaatkan waktu agar tugas sebagai ibu tak terabaikan. 

Dan ini adalah waktu-waktu yang bisa kamu siasati agar bonding dengan buah hatimu selalu terjalin dengan indah.

1. Sarapan pagi
Foto: Credit
Sebelum berangkat ke kantor, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk selalu sarapan bersama buah hati. Sambil sarapan, ciptakan obrolan-obrolan ringan yang akan mendekatkan kalian. Misalnya tentang suasana sekolahnya atau harapan-harapan kamu terhadap buah hatimu. 

Kendala di pagi hari, seringkali adalah semua orang di rumah terburu-buru untuk segera berangkat ke kantor atau sekolah. Akhirnya kamu tak punya kesempatan untuk sarapan bersama. Kamu juga bisa terjebak dalam rutinitas itu, sehingga menyebabkan di pagi hari kamu marah-marah kepada seluruh penghuni rumah ketika semua tak berjalan dengan semestinya. Suami yang menanyakan kaos kakinya, kakak yang tidak segera mandi, atau si kecil yang menangis minta susu. Suasana pagi hari jadi tak menyenangkan.

Hal ini bisa diatasi dengan menyiapkan semua keperluan keluarga di malam hari. Kamu juga bisa mengingatkan buah hati untuk menyiapkan keperluan sekolahnya. Bangun lebih awal di pagi hari juga akan membantu mengatasi kegaduhan itu. Lalu, kamu pun bisa sarapan bersama keluarga dengan tenang.

2. Sholat berjama'ah
Foto: Credit
Ketika berada di rumah, kamu bisa meluangkan waktu untuk sholat berjama'ah dengan buah hati ya, Sahabat. Selain bisa mendekatkanmu dengan buah hati, kamu juga bisa memberi teladan yang baik kepada buah hati. 

Bersama itu, kamu pun bisa mengajari buah hatimu tata cara sholat yang benar, tentang syarat rukun sholat, termasuk bacaan-bacaannya. Tentu saja kamu juga bisa menjelaskan kepada buah hatimu tentang pentingnya sholat. Mungkin tentang sholat yang akan jadi amal pertama yang dihisab Allah. Mungkin juga tentang sholat yang bisa mencegah seseorang dari perbuatan keji dan mungkar. 

3. Menemani belajar
Foto: Credit
Meski sibuk, jangan lupa menemani buah hati saat belajar ya, Sahabat. Meski kamu hanya menunggui, mereka sudah senang sekali, lho. Dan ketika kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka, rasanya kamu sudah jadi pahlawan terhebat sedunia. Itu karena bagi buah hatimu, kamu adalah yang terbaik ketika kamu berada di sampingnya.

4. Menjelang tidur
Foto: Credit
Membacakan cerita menjelang tidur tentu selalu bermanfaat untuk buah hatimu. Tetapi meluangkan waktu bercerita tentang hal-hal remeh dan sepele menjelang tidur juga tak kalah bermanfaatnya untuk menjaga kedekatanmu dengan buah hati lho, Sahabat.

Kamu harus menyiapkan telinga dan hati ketika mendengarkan cerita buah hatimu. Karena ternyata mereka punya segudang cerita seru yang ingin diceritakan. Bahkan kalau kamu tidak memotong ceritanya, mereka bisa cerita semalaman. Sungguh, kamu akan bisa tersenyum dan tertawa bersama mereka di saat itu.

Dan ternyata kamu pun sudah bisa bercerita tentang aktivitasmu kepada mereka. Kamu mungkin akan terkaget-kaget ketika mendapati mereka yang dulu kamu timang-timang, ternyata sudah bisa memberikan masukan untukmu.  

5. Hari libur
Foto: Credit
Tentu saja hari libur adalah hari paling penting bagi ibu bekerja untuk bisa dekat dengan buah hati. Kamu tak harus liburan mahal ke tempat wisata. Yang lebih penting adalah raga dan hatimu ada bersama buah hatimu.

Kamu bisa merencanakan bersih-bersih rumah bersama atau memasak bersama. Meski mereka belum terampil mengerjakan pekerjaan rumah tangga, bersamamu mereka bisa mulai belajar life skill yang pasti diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena life skill ini tak kalah pentingnya dengan pelajaran sekolah, lho.

Sahabat, itulah lima waktu yang wajib kamu manfaat jika kamu ingin dekat dengan buah hatimu, meski kamu adalah ibu bekerja. Jangan sampai kehilangan momen sekecil apapun bersama buah hati ya, Sahabat. Di tengah kesibukanmu, kamu pasti tetap bisa!

Wallahu a'lam bishowab.

Wassalamu'alaikum
Ummi Nadliroh



~Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis bersama estrilook.com dan Estrilook Community day6~
#tantanganmenulisestrilook
#estrilookcommunity

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...