Friday, 14 September 2018

Khadijah Binti Khuwailid

Assalamu'alaikum,

Julukannya Ath-Thohiroh, seorang wanita yang suci. Itu karena ia adalah seorang wanita terhormat dari keluarga yang mulia di Makkah sana. Perilakunya santun, menjaga kehormatan diri, cerdas, dan ulet. Setelah menikah dua kali, dimana kedua suaminya meninggal, ternyata tak menyurutkan pesonanya. Banyak bangsawan dan orang-orang terhormat yang melamar untuk menjadikannya sebagai istri. Tetapi ia menolak semua lamaran itu. 

Sebuah mimpi membuatnya menantikan seorang mulia yang akan menjadi pendampingnya. Dalam mimpinya, ia melihat cahaya yang berputar-putar di langit Makkah. Cahaya itu kemudian turun ke bumi, dan memasuki rumahnya. Cahaya itu begitu menakjubkan, hingga membuatnya terpana, sampai ia bangun dari mimpinya.

Ia semakin terpana ketika menceritakan mimpi itu kepada sepupunya yang merupakan tetua di tanah Makkah. Sepupunya yang bernama Waraqah bin Naufal itu berkata, "Aku sampaikan berita gembira kepadamu, seorang lelaki agung dan mulia akan meminangmu. Ia memiliki kedudukan penting dan kemasyhuran yang semakin hari akan semakin meningkat." Maka, wanita cerdas itu menunggu lelaki cahaya yang akan datang meminangnya. 

Dengan sabar ia menunggu datangnya lelaki agung dengan tanda-tanda kemuliaan yang pernah ia dengar. Dan ia menemukan kemuliaan itu ada pada seorang pemuda yang berjuluk Al-Amin. Pemuda yatim piatu dari suku terhormat yang amanah, jujur, dan dapat dipercaya. 

Tak sembarangan ia memilih pemuda Makkah itu. Utusannya yang bernama Maisaroh telah menceritakan kebaikan-kebaikan pemuda itu ketika melakukan perjalanan dagang ke negeri Syam. Dan ia juga telah melihat sendiri keutamaan pemuda itu selama bekerja padanya. Maka, tanpa merendahkan martabatnya ia mengutus Nafisah binti Munyah untuk menemui keluarga pemuda bernama Muhammad itu. Kemudian terjadilah pernikahan mulia itu.  

Dan wanita mulia itu adalah Khadijah binti Khuwailid. Wanita pertama yang dinikahi oleh Rasulullah Muhammad SAW selama kurang lebih 25 tahun. Wanita yang dicintai oleh Muhammad, bahkan hingga sesudah meninggalnya. Wanita istimewa karena keutamaan-keutamaannya. Dan inilah beberapa keutamaan yang ada pada diri Khadijah Radliyallahu Anha.

1. Wanita terbaik di dunia

حَسْبُكَ مِنْ نِسَاءِ العَالَمِينَ: مَرْيَمُ ابْنَةُ عِمْرَانَ، وَخَدِيجَةُ بِنْتُ خُوَيْلِدٍ، وَفَاطِمَةُ بِنْتُ مُحَمَّدٍ وَآسِيَةُ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ
“Cukup bagimu 4 wanita terbaik di dunia: Maryam binti Imran (Ibunda nabi Isa), Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, dan Asiyah Istri Firaun.” (HR. Ahmad dan Turmudzi, dan sanadnya dishahihkan Syuaib Al-Arnauth)
Khadijah binti Khuwailid adalah salah satu wanita terbaik di dunia yang disebutkan oleh Rasulullah. Tentu ini bukan predikat sembarangan, karena yang mengatakan bukan orang biasa.  
2. Allah menitipkan salam untuknya melalui Jibril
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: « يَا رَسُولَ اللَّهِ هَذِهِ خَدِيجَةُ قَدْ أَتَتْ مَعَهَا إِنَاءٌ فِيهِ إِدَامٌ أَوْ طَعَامٌ أَوْ شَرَابٌ فَإِذَا هِيَ أَتَتْكَ فَاقْرَأْ عَلَيْهَا السَّلَامَ مِنْ رَبِّهَا وَمِنِّي وَبَشِّرْهَا بِبَيْتٍ فِي الْجَنَّةِ مِنْ قَصَبٍ لَا صَخَبَ فِيهِ وَلَا نَصَبَ » [أخرجه البخاري و مسلم]
“Wahai Rasulallah SAW, ini Khadijah telah datang. Ia membawa sebuah bejana yang berisi lauk, makanan, dan minuman. Jika dirinya sampai, katakan padanya bahwa Rabbnya dan diriku mengucapkan salam untuknya. Dan kabarkan pula bahwa untuknya rumah di surga dari emas yang nyaman tidak bising dan merasa capai.” (HR. Bukhari Muslim).
Bahkan Allah pun mengirimkan salam kepada Khadijah. Wanita mulia istri Rasulullah, yang langsung menerima ajakan Rasulullah untuk beriman kepada-Nya. Yang tanpa lelah mendampingi dakwah Muhammad SAW.
3. Wanita yang dicintai Rasulullah
Melalui perkataan yang disampaikan Rasulullah kepada Aisyah Radliyallahu Anha, kita tahu kedudukan Khadijah di hati Rasulullah.
إِنِّي قَدْ رُزِقْتُ حُبَّهَا
“Sungguh, Allah telah menganugerahkan kepadaku rasa cinta kepada Khadijah.” (HR. Muslim).
4. Orang pertama yang memeluk Islam
Ia adalah orang yang memberi ketenangan kepada Muhammad SAW ketika pertama kali menerima wahyu. Dan ia langsung menyatakan beriman dengan yang disampaikan Muhammad SAW. Sikapnya yang memberi ketenangan dan kepercayaan kepada suami, tentu meringankan beban Rasulullah yang dilanda kebingungan setelah kedatangan Jibril. Ia juga yang menguatkan Rasulullah ketika orang-orang menyebutnya gila.
  وَ يَقُولُونَ أَئِنَّا لَتَارِكُوا ءَالِهَتِنَا لِشَاعِرٍ مَّجْنُونٍ
Dan mereka berkata,"Apakah sesungguhnya kami harus meninggalkan sembahan-sembahan kami hanya karena seorang penyair gila?" (QS. Ash-Shoffat: 36)    
5. Menyedekahkan hartanya untuk dakwah
Aisyah berkata, “Dulu Rasulullah SAW setiap keluar rumah hampir selalu menyebut Khadijah dan memujinya. Pernah suatu hari beliau menyebutnya sehingga aku merasa cemburu. Aku berkata, ‘Apakah tiada orang lagi selain wanita tua itu. Bukankah Allah telah menggantikannya dengan yang lebih baik?’ Lalu, Rasulullah marah hingga bergetar rambut depannya karena amarah dan berkata, ‘Tidak, demi Allah, tidak ada ganti yang lebih baik darinya. Dia percaya padaku di saat semua orang ingkar kepadaku, dan membenarkanku di kala orang-orang mendustakanku, menghiburku dengan hartanya ketika manusia telah mengharamkan harta untukku. Dan Allah telah mengaruniakan dari rahimnya beberapa anak di saat istri-istriku tidak membuahkan keturunan.’ Kemudian Aisyah berkata, ‘Aku bergumam pada diriku bahwa aku tidak akan menjelek-jelekannya lagi selamanya.”
Demikianlah keutamaan-keutamaan yang dimiliki oleh Khadijah Radliyallahu Anha. Perjuangan Khadijah selama mendampingi dakwah Rasulullah perlu dijadikan teladan oleh muslimah sekarang. Dari Rasulullah mendapatkan wahyu yang pertama, kemudian dakwah secara sembunyi-sembunyi, dakwah terang-terangan, hingga akhirnya diboikot oleh orang kafir Quraisy. Semua ada andil Khadijah di dalamnya. Hingga akhirnya Khadijah wafat setelah peristiwa pemboikotan itu. Di tahun yang sama dengan meninggalnya Abu Thalib, paman Rasulullah. Hingga tahun itu disebut amul huzni atau tahun kesedihan.
Wallahu a'lam
Wassalamu'alaikum
Ummi Nadliroh.
~Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis bersama estrilook.com dan Estrilook Community day9~
#tantanganmenulisestrilook
#estrilookcommunity

5 comments:

  1. Sangat bermanfaat sekali isi dalam blognya, terimakasih sudah membuat semoga bermanfaat juga buat yang lainnya :)

    ReplyDelete
  2. Subhanallah adakah khadijah di jaman sekarang ini ya hehe :D

    ReplyDelete
  3. 4 wanita terbaik di dunia, subhanallah.

    ReplyDelete
  4. Saya gak bisa bayangkan paras dari khadijah, pasti cantik banget ya.

    ReplyDelete
  5. "Aku sampaikan berita gembira kepadamu, seorang lelaki agung dan mulia akan meminangmu. Ia memiliki kedudukan penting dan kemasyhuran yang semakin hari akan semakin meningkat." subhannallah sekali kalimat ini, saya hampir menangis membacanya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...